Manfaat Imunisasi Pada Bayi & Balita Serta Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Imunisasi Pada Bayi & Balita Serta Efek Sampingnya– Buat bunda-bunda penting banget nih untuk mengetahui manfaat dari imunisasi untuk bayinya. Banyak isu yang beredar di majalah-majalah, tabloid dan surat kabar lainnya tentang imunisasi itu berbahaya. Padahal imunisasi itu sangat penting bagi daya imun bayi dan balita. Memang, setelah imunisasi, badan si kecil biasanya demam dan sering menangis, sehingga menimbulkan kepanikan bagi para bunda. Nah kali ini, catatanmuslimah.com akan menguak lebih dalam tentang manfaat imunisasi pada bayi dan balita.

Manfaat Imunisasi Pada Bayi & Balita Serta Efek Sampingnya
Manfaat Imunisasi Pada Bayi & Balita Serta Efek Sampingnya

Manfaat Imunisasi Pada Bayi Dan Balita

Imunisasi merupakan salah satu usaha dalam memberikan perlindungan kepada bayi dan balita agar terhindar dari suatu penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan memasukkan vaksin kedalam tubuhnya agar tubuh membuat zat anti bodi untuk mencegah terhadap suatu penyakit tertentu.

Masih banyak sebagian orang tua di Indonesia yang meragukan keamanan imunisasi sehingga kewajiban untuk imunisasi anak terabaikan, telat atau tidak teratur. Manfaat dari pemberian imunisasi bagi kesehatan anak sangat penting untuk diketahui para orang tua yang menginginkan dan mengharapkan kesehatan juga tumbuh kembang si anak agar berjalan optimal.

Berikut ini ada beberapa manfaat imunisasi pada bayi dan balita, diantaranya:

Dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Dengan imunisasi, kekebalan daya tahan tubuh anak atau balita akan meningkat.

Mencegah dari berbagai penyakit.

Dapat mencegah bayi dan balita dari berbagai serangan penyakit dan dapat melindunginya dari berbagai penyakit yang berbahaya. Seperti polio, TBC, campak, hepatitis B, dan tetanus.

Dapat memperkecil skala terjadinya penyakit menular.

Tujuan diberikannya imunisasi ialah agar si anak tidak mudah terkena suatu penyakit sejak dini sampai ia dewasa. Adapun jenis vaksin imunisasi ada 2 macam yaitu imunisasi wajib dan tambahan. Yang termasuk vaksin imunisasi wajib yaitu Polio, BCG, DPT, Campak dan Hepatitis B. Sedangkan vaksin imunisasi tambahan diantaranya: MMR, Hib, Tifoid, Hepatitis A, Influenza dan PCV.

Efek Samping Dari Imunisasi

Setelah dilakukan imunisasi, biasanya si anak akan mengalami efek samping, diantaranya yaitu:

Demam akan dirasakan setelah imunisasi. Hal ini disebabkan karena respon tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan kedalam tubuhnya. Demam akan turun setelah sehari atau dua hari.

Terasa nyeri. Nyeri sehingga bayi atau balita selalu menangis kesakitan karena menahan rasa nyeri dan hilangnya nafsu makan.

Terjadinya pembengkakan kecil dan merah pada bekas suntikannya.

Efek samping ini masih tergolong ringan dan tidak berbahaya jika dibandingkan dengan manfaat imunisasi yang tergolong cukup besar dan sangat bermanfaat. Selain itu juga, efek samping ini merupakan tanda bahwa vaksin yang disuntikkan sedang bekerja secara tepat.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Manfaat Imunisasi Pada Bayi & Balita Serta Efek Sampingnya, semoga bermanfaat ya buat kita semua khususnya buat para orang tua. Sekian terimakasih 🙂