Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya

Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya – Gimana ya cara menilai dan melihat kualitas diri seseorang yang berakhlak mulia dan baik di mata Allah? apakah dari sikapnya? cara berjalannya, cara bicaranya, pola pikirnya, atau penampilannya? Bagaimana jika orangnya pendiam? susah ditebak bukan?. Memang memahami manusia itu bukanlah perkara yang mudah. Namun, secara global bisa kita lakukan dengan cara melihat dari kebiasaannya sehari-hari.  Walau pada dasarnya, kita ga bakal pernah tuntas dalam mengenal jati diri seseorang sampai sedetail-detailnya. Meskipun sudah berumah tangga puluhan tahun.

Biasanya nih para akhwat sebelum memutuskan untuk dipinang oleh pujaan hatinya, banyak bertanya tentang kualitas diri si ikhwan, apakah ini benar-benar jodoh yang terbaik dari Allah, atau hanya bertopeng karena ingin menikahinya.

Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya

Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya

Kalau saya pribadi sih lebih mempercayai kata hati seiring tawakkal kepada Allah SWT. Kalau memang jodoh, cukup pada pandangan pertama hati sudah berteriak dan sudah ada dentingan dalam hati. Jika suara itu tak terdengar? lalu apa yang harus dilakukan? jangan galau ukhty, mungkin kita harus rajin melakukan olahraga batin agar hati peka dengan suara-suara misteri itu. Hmmm…yakinlah jika memang jodoh itu sudah ada yang mengatur. Sekuat tenaga kita mengejarnya, jika restu Allah belum turun, maka hasilnyapun akan nihil.  Jadi, ketika jodoh sudah datang dan dentingan hati belum juga terlihat, cobalah untuk berusaha mendekati Rabb yang maha membolak balikan hati manusia.

By the way, kita sebagai manusia harus tetap berusaha dan berdoa kepada Allah SWT. Untuk melihat kualitas diri seseorang sebelum kita memantapkan untuk melangkah ke jenjang pernikahan, cobalah lihat dari kebiasaannya sehari-hari. Karena kebiasaannya itu dapat mencerminkan akhlak dan kualitas seseorang.

Kebiasaan Menggambarkan Kualitas Diri

Kita memang harus lebih selektif dalam memilih calon pasangan yang akan mendampingi kita seumur hidup, kita harus mengenal siapa sih dia? Jangan sampai penyesalan datang disaat yang tidak tepat. Berikut beberapa tips dalam meilhat kualitas diri seseorang dari kebiasannya.

Sikap tanggung jawab

Dapat dilihat dari cara ia memelihara barang titipan. Jika merawat barang yang kecil saja ceroboh, apalagi bertanggung jawab terhadap sesuatu hal sebesar rumah tangga.

Amanah

Dapat dipercaya bisa dilihat dari caranya menjaga aib orang lain. Tidak suka membicarakan keburukan orang lain pada siapapun.

Kerajinan

Rajin atau pemalasnya bisa dilihat dari kebiasaan tidurnya pagi atau shubuh. Kecuali memang sakit atau kesulitan tidur dan diluar kegiatannya yang dilakukan sampai larut pagi. Itupun bukan berarti tidurnya pulas sampai siang hari.

Kedisiplinan

Disiplin seseorang dapat terlihat jelas dari jadwal sholatnya. Kalau sholat lima waktu yang merupakan kewajibannya dilaksanakan tepat waktu, maka itu pertanda ia memiliki kualitas kedisiplinan yang baik dan bagus pula dalam memanage waktu. Tapi kalau sering ngaret apalagi diakhir-akhirkan, itu berarti kedispilanannya sangat kurang. Selain itu juga, cara melihat seseorang disiplin atau tidak, bisa terlihat ketika ia bisa tepat waktu saat bertemu dengan kamu. Ketika ia sering terlambat, atau beralasan datang terlambat, itu juga salah satu bahwa ia tidak bisa memenage waktu dengan baik.

Kebersihan

Dapat dilihat dari keadaan toilet miliknya atau kamarnya. Toilet merupakan tempat paling kotor, jika joroknya kelewatan berarti dia tidak peduli dengan kebersihan. Begitu juga dengan keadaan kamarnya. Jika berantakan dan tak terawat, mungkin dia nyaman dengan keadaan yang kotor. Meskipun penampilan oke dan terlihat modis, belum tentu dalamnya juga oke.

Kesabaran dan emosional

Dapat terlihat dari cara ia menghadapi dan menyelesaikan masalah. Jika amarahnya gampang meledak-ledak untuk hal yang sepele, berarti ia tempramen. Namun, jika marahnya pada saat yang tepat, orang yang tepat, cara yang tepat, dan maksud yang tepat pula, maka ialah orang yang penyabar.

Nah itulah beberapa modal penting yang harus diteliti dari calon pasangan. Jangan asal terima, tapi kalau memang agamanya sudah bagus. Ya insyaAllah itu sudah menjadi jalan alternatif yang paling baik.

Demikianlah ulasan mengenai tips Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada salah kata dan sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Melihat Kualitas Diri Seseorang Dari Kebiasaannya | Catatan Muslimah | 4.5