Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya – Waspada terhadap penyakit sinusitis yang dapat terjadi pada siapapun dan tidak memandang usia, baik anak-anak maupun dewasa. Sinusitis merupakan suatu kelainan pada rongga sinus atau peradangan pada rongga sinus paranasal.

Di sekitar rongga hidung terdapat 4 sinus:

  1. Sinus Maksilaris yang terletak di pipi
  2. Sinus Etmoidalis terletak diantara kedua mata
  3. Sinus Frontalis yang terletak di dahi, dan
  4. Sinus Sfenoidalis yang terletak di belakang dahi.

Pada kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan mengulas tentang gejala-gejala penyakit sinusitis dan apa penyebab terjadinya sinusitis.

Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Sinusitis

Kenalilah gejala-gejala sinusitis sedini mungkin, sebelum semuanya terlambat. Karena penyakit ini cukup membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan ruang gerak dalam melakukan aktifitas sangat terbatas. Karena ketidaknyamanan dan membuat kepala terasa sakit.

Berikut gejala-gejala sinusitis yang sering dijumpai.

  • Pilek menahun

Pilek yang terjadi tidak hanya sehari dua hari, seminggu atau sebulan. Tetapi pilek yang tak kunjung sembuh sampai bertahun-tahun. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT dan pastikan apakah Anda terkena sinusitis atau hanya sekedar alergi.

  • Hidung tersumbat

Seperti adanya lendir yang menyumbat didalam rongga hidung. Cairan lendir tersebut biasanya sangat kental dan berbau tidak sedap. Hidung tersumbat akan membuat seluruh kepala akan terasa sakit dan wajah terasa bengkak.

  • Lendir berlebih

Mungkin hampir setiap saat lendir dari hidung tidak pernah berhenti. Lendir berlebih terkadang keluar lewat tenggorokan lalu dibuang dari mulut. Apalagi saat terlentang, dengan mudah lendir akan turun sendiri ke tenggorokan yang membuat si penderita merasa ridak nyaman.

  • Bernafas menggunakan mulut

Karena hidung tersumbat, bernafas jadi kurang lancar sehingga mulut menjadi alternatif dalam mengeluarkan karbondioksida dan uap air dari mulut.

  • Sakit pada wajah, dahi dan kepala

Hal ini sering dialami oleh penderita sinusitis. Rasa sakit yang menekan akan dirasakan pada daerah wajah dimana sinus itu berada yaitu pada dahi, belakang hidung, sekitar mata, nyeri dibelakang mata, tengkuk, gigi, atau disekitar hidung. Begitu juga dengan kepala terasa sangat berat dan sakit yang luar biasa akibat pembengkakan radang sinus. Selain itu juga rasa sakit akan terasa pada kedua telinga,

  • Berkurangnya daya penciuman

Akibat adanya pembengkakan pada area sinus, akan mengakibatkan daya penciuman seseorang yang terkena sinusitis berkurang.

  • Perubahan warna lendir

Warna lendir tidak hanya putih bening atau putih keruh, namun bisa berubah menjadi warna kekuningan atau hijau dan sangat kental juga lengket. Ketika warna lendir yang dikeluarkan kental dan lengket, biasanya disertai dengan sakit diarea kepala dan dahi atau juga dibelakang mata.

  • Demam

Demam terjadi jika saat penderita mengalami sakit kepala yang berlebih akibat peradangan pada sinus. Demam terjadi biasanya disertai dengan daya imun yang lemah.

  • Mudah lelah

Badan terasa lemah, mudah cape dan badan yang kurang fit.

  • Batuk dan bersin-bersin

Batuk yang berkepanjangan juga dapat menjadi suatu gejala dari penyakit sinusitis ini termasuk bersin-bersin atau gatal pada rongga hidung.

Penyebab Terjadinya Sinusitis

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya sinusitis yang harus diketahui, diantaranya yaitu:

  • Adanya infeksi didalam rongga hidung dan tenggorokan. Seperti amandel, hipertrofi adenoid dan tonsil. Infeksi ini akan menimbulkan terjadinya sinusitis.
  • Alergi pada hidung. Reaksi alergi pada hidung juga bisa menjadi penyebab terjadinya peradangan pada rongga sinus. Seperti alergi pada cuaca dingin, debu, asap, dan udara kotor atau polusi udara.
  • Infeksi virus, bakteri dan jamur.
  • Adanya penyumbatan di daerah rongga hidung seperti adanya polip hidung, tumor, ataupun pembesaran tulang konka hidung.

Nah itulah beberapa gejala yang harus dikenali dan diketahui, jika terjadi gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, segeralah untuk ditangani dan periksakan ke dokter spesialis THT. Semoga tulisan mengenai  Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Gejala Penyakit Sinusitis Dan Penyebabnya | Catatan Muslimah | 4.5