8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah

8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah – Banyak orang-orang muslim yang mengaku dirinya takut pada Allah. Tapi apakah rasa takutnya telah mampu menjadikan dinding untuk tidak melakukan hal-hal yang Allah larang?, masihkah berani meninggalkan sholat lima waktu? Masihkah bisa menjaga dirinya dari hal-hal yang mengandung maksiat?. Oke dalam kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan berbagi ilmu mengenai tanda-tanda jika kita memiliki rasa takut kepada Allah SWT. Apa tanda-tandanya, mari kita simak dibawah ini.

8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah

8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah

Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah SWT

Menurut seorang ahli fiqih Abdul Laitsi rohimahullah yang dikutip dari kitab Durrotun Nashihin, bahwa ciri dan tanda memiliki rasa takut kepada Allah SWT itu tampak terlihat jelas dalam 8 perkara. Adapun kedelapan perkara tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Kelihatan dalam lisannya

Terlihat dari cara dia menahan dan mencegah lisannya dari segala dusta, mengghibah (membicarakan aib orang lain) dan berkata secara berlebih-lebihan. Selalu berusaha menyibukkan lisannya untuk selalu berdzikir, membaca Al-Qur’an dan menuntut ilmu. Orang yang belum bisa menjaga lisannya dari perkataan-perkataan tidak terpuji berarti ia belum memiliki rasa takut terhadap Allah Sang Maha Kuasa.

  • Dia takut terhadap urusan perutnya

Maka dia tidak akan pernah memasukkan apapun kedalam perutnya atau tidak mau makan kecuali makanan yang halal dan hanya sedikit saja. Artinya tidak mau makan kecuali yang halal dan hanya secukup hajatnya saja. Makan tidak berlebihan hanya secukupnya saja seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

  • Dia takut dengan urusan pengelihatannya

Orang yang takut kepada Allah SWT, dia tidak mau melihat sesuatu yang haram dan tidak mau melihat kepada duniawi dengan pandangan cinta, namun hanya melihatnya sekedar mengambil i’tibar dan tauladan.

  • Takut terhadap urusan tangannya

Maka ia tidak akan mengulurkan tangannya dan tidak mengayunkan tangannya kepada yang haram dan bathil, tapi mengulurkan tangannya hanya untuk sesuatu yang menyangkut perbuatan taat kepada Allah SWT. Seperti untuk bersedeqah, membantu urusan orang lain yang membutuhkan bantuannya, tidak digunakan untuk mencuri, memukul, menganiaya orang lain dan lain sebagainya yang sifat perbuatannya buruk dan tercela.

  • Takut terhadap urusan kedua kakinya

Orang yang takut kepada Allah, maka dia tidak akan berjalan ke tempat-tempat yang tidak disukai Allah, tapi selalu menjaga setiap langkahnya untuk selalu melangkah ke tempat-tempat yang Allah cintai.

  • Takut dalam urusan hatinya

Inilah perkara yang paling utama, yakni dia hindarkan dari hatinya rasa dengki, iri hati, dendam, permusuhan, dan penyakit-penyakit hati lainnya. Didalam hatinya selalu dipenuhi dengan nasihat-nasihat dan rasa kasih sayang kepada sesama muslim.

  • Selalu takut dan khawatir terhadap ketaatannya kepada Allah

Ia selalu berusaha menjaga ketaatannya secara betul-betul tulus dan ikhlas murni karena Allah semata. Ia akan merasa takut dan khawatir jika amal perbuatannya tidak di terima oleh Allah SWT.

  • Dia selalu takut dalam urusan pendengarannya

Maka dia tidak akan mau mendengarkan yang bathil kecuali yang haq atau yang benar. Juga selalu menjaga pendengarannya dari hal-hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Seperti tidak mau mendengarkan ghibah, tidak mendengarkan musik-musik yang mendatangkan mudhorot, selalu mendengarkan nasihat-nasihat baik, mendengarkan hal-hal yang bermanfaat, mendengarkan lantunan ayat Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Jika seseorang memiliki 8 kriteria tersebut, berarti ia termasuk kedalam salah satu golongan orang-orang yang memiliki rasa takut kepada Allah SWT. Menjaga segala urusan hati, perut, lisan, pendengaran, pengelihatan, tangan, kaki dan kekhawatirannya terhadap ketaatannya pada Allah SWT.

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah, semoga kita senantiasa selalu dapat menjaga keseluruhannya secara perlahan-lahan dan semoga bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih 🙂

Silakan baca juga artikel terkait:

 

Comments

comments

8 Ciri Dan Tanda Rasa Takut Kepada Allah | Catatan Muslimah | 4.5