10 Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab

Posted on

10 Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab – Hijab merupakan pakaian wajib wanita muslimah. Setiap wanita pasti memiliki banyak keluhan yang beraneka ragam tentang kesehatan rambut mereka. Ada yang rontok, rambut lepek dan bau, berketombe, bercabang, kulit kepala gatal-gatal, dan lain sebagainya. Ga usah khawatir, ga usah sibuk-sibuk mencari tempat perawatan mahal. Semuanya kembali pada diri sendiri, mau rajin, pasti bisa. Yuk kita coba dan ikuti cara-cara yang akan disajikan berikut ini.

10 Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab
10 Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab

Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Untuk perawatan rambut agar tetap sehat meskipun berhijab bisa kita lihat tips-tipsnya dibawah ini.

  • Keramas minimal 2 hari sekali

Bagi yang memiliki rambut panjang, keramas akan sangat mengganggu jika aktivitas sedang padat, sehingga tidak sempat untuk dikeringkan terlebih dahulu. Namun, tetap berikan waktu untuk keramas dengan menggunakan shampoo dan conditioner yang tepat  sesuai jenis rambutnya. Lakukan keramas ini secara teratur minimal 2 hari sekali.

  • Jangan memakai hijab saat rambut sedang basah

Hmmm pasti baunya jika rambut basah di balut dengan hijab. Selain itu juga, jika hal ini sering dilakukan, maka akan memicu kerontokan pada rambut, bau tak sedap, ketombe ataupun rambut lepek.

  • Gunakan hair tonic ataupun vitamin rambut

Gunakanlah hair tonic ataupun vitamin rambut setelah keramas atau kapanpun sesuai dengan kebutuhan. Manfaatnya ialah agar rambut tetap segar sepanjang hari dan melindungi rambut dari jamur penyebab bau tak sedap pada rambut.

  • Jangan mengikat rambut terlalu kuat

Ikatlah rambut dengan tidak terlalu kuat dan kencang, dan gunakan ikat rambut yang berbahan dasar lembut sehingga tidak merusak rambut. Mengikat rambut terlalu kencang akan membuat otot-otot kepala terasa sakit dan pemicu kerontokan pada rambut.

  • Menyisir rambut dan merapikannya

Biasanya, wanita berhijab setelah memakai hijab seharian ketika dilepas hijabnya, lupa bahkan tidak sempat menyisir rambutnya dan dibiarkan berantakan. Sebaiknya, saat rambut istirahat dari penutup kepala, rapikan dan sisir agar rambut tidak mudah patah, Gunakan sisir yang bergigi jarang atau sesuaikan dengan keadaan rambutnya.

  • Rambut juga butuh istirahat

Rambut sangat sensitif jika kita tidak memahami cara-cara perawatannya dengan baik dan benar. Ketika jilbab sudah dilepaskan dari penutup kepala, segera uraikan dan biarkan rambut istirahat dan bernafas. Karena seharian tertutup dan diikat, maka biarkan rambut terurai saat Anda sedang berada didalam rumah.

  • Mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan protein

Rambut juga membutuhkan vitamiin, protein juga nutrisi yang baik agar kesehatan rambut tetap terjaga. Konsumsilah buah dan sayur mayur serta protein dalam lauk pauk yang bisa kita temukan di dapur atau di pasar-pasar.

  • Gunakan bahan-bahan alami

Sesekali, berikan waktu untuk merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami atau masker rambut. Masker rambut bisa diambil dari lendir lidah buaya, alpukat atau lainnya. Setelah dimasker, keramaslah dan lakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Jika hal ini dilakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali, maka akan membuat rambut tampak lebih sehat dan melancarkan peredaran darah serta dapat menguatkan akar rambut.

  • Memilih jilbab yang nyaman

Pilihlah jilbab yang tidak terlalu panas jika digunakan dan mampu menyerap keringat berlebih pada rambut. Harus cermat dan pandai-pandai memilih jilbab yang tepat dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

  • Kebersihan jilbab dan daleman jilbab

Jangan hanya rambut yang diperhatikan saja, tetapi juga perhatikan kebersihan jilbab dan daleman jilbab baik ciput ataupun ninja. Jilbab ataupun daleman jilbab yang bau dan tak terawat kebersihanny, akan menimbulkan gatal-gatal pada kulit kepala dan menyebabkan bau tak sedap pada rambut. Oleh karenanya, rajin-rajinlah mengganti ciput atau ninja yang sudah tidak nyaman digunakan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan khususnya para sahabat muslimah dan mudah-mudahan tips mengenai 10 Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂