Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal

Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal – Pastikan apa saja yang masuk kedalam tubuh kita ini merupakan makanan yang halal. Nah, bagaimana kita bisa mengetahui produk-produk yang halal, sedangkan banyak makanan-makanan import yang kita tidak tahu bahasanya, terbuatnya dari apa, campurannya apa, memiliki kandungan apa dan lain sebagainya. Jadi jangan mudah termakan oleh iklan-iklan diberbagai media, jangan tergiur dengan kemasan yang unik dan menarik. Untuk itu, sahabat catatanmuslimah.com harus bisa memperhatikan beberapa hal untuk mengetahui bagaimana mendapatkaan produk yang terjamin kehalalannya. Berikut ini akan kita bahas.

Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal

Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal

Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja makanan, diantaranya yaitu:

Selalu membaca dan mencermati label yang tertera pada kemasan produk, seperti: Logo halal dari MUI khususnya dinegara Indonesia, No MD, ML atau SP untuk jaminan keamanan, kesehatan dan keselamatan dan daftar ingredient.

Hindari produk yang mengandung istilah-istilah yang belum dipahami pada daftar ingredientnya atau kemasan minim (tanpa keterangan daftar ingredient, no SP, Ml ataupun MD apalagi logo halal).

Hindari produk-produk asing. Produk-produk impor atau yang menggunakan bahasa asing dan belum diterjemahkan sebaiknya dihindari untuk menjauhkan diri dari kemungkinan mengkonsumsi yang haram karena ketidaktahuan kita. Kecuali telah memiliki no ML dan ada tanda halal yang diberikan oleh lembaga yang dapat dipercaya.

Untuk produk impor yang keterangan pada kemasannya ditulis menggunakan bahasa Indonesia maka pilihlah yang telah memiliki no ML dan logo halalnya.

Untuk produk sembelihan utuh, perhatikan apakah hewan disembelih dengan cara islami, tidak memiliki bekas tusukan, bukan bangkai dan perhatikan alat yang digunakan untuk memotongnya, mengambil dan menimbang, serta etalase yang digunakan terpisah dengan produk haram. Selain itu hal terpenting adalah menanyakan kepada penjual seputar jaminan kehalalannya.

Manfaatkan layanan informasi yang disediakan pada kemasan maupun tempat kita berbelanja untuk menanyakan hal-hal yang meragukan.

Itulah sekilas informasi yang harus kita ketahui sebelum berbelanja agar lebih teliti dan waspada terhadap produk-produk yang tidak terjamin kehalalannya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal, semoga kita bisa memahami hal-hal penting tersebut agar kita selamat dari makanan-makanan yang haram dan membahayakan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Comments

comments

Tips Berbelanja Untuk Mendapatkan Produk Yang Halal | Catatan Muslimah | 4.5