14 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Penjelasannya

Posted on

14 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Penjelasannya – Mata merupakan salah satu alat indra manusia yang fungsinya sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Jika kesehatan mata sudah terganggu, maka kita harus merogoh kantong yang cukup banyak untuk mengobatinya. Sebelum terjadi sesuatu pada mata kita, kita harus tau cara memelihara dan menjaga kesehatan mata. Pada kesempatan ini, catatanmuslimah.com akan membahas dan membagikan tips untuk sahabat setia CM tentang cara menjaga kesehatan mata. Berikut pembahasannya.

14 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Penjelasannya
14 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Penjelasannya

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa tips buat sahabat lakukan di rumah dalam menjaga kesehatan mata. Berikut tips-tipsnya untuk anda.

Konsumsi makanan yang baik dan sehat untuk mata

Agar fungsi mata tetap berfungsi secara normal, maka pintar-pintarlah dalam memilih asupan makanan yang sehat. Adapun makanan yang baik untuk kesehatan mata ialah:

  • Makanan yang memiliki kandungan vitamin A, B6, B12, C, D & E
  • Makanan yang kaya lesitin, sulfur dan sisteina
  • Mengandung asam folat
  • Mengandung anti oksidan
  • Mengandung asam lemak dan kaya DHA

Jangan biasakan membaca dalam keadaan cahaya redup

Biasanya hal ini sering dilakukan para pelajar. Untuk menjaga kesehatan mata, hindarilah cahaya yang membuat mata menjadi tegang dan jika sudah mulai lelah, jangan dipaksakan. Beristirahatlah atau berhenti sejenak.

Membaca sambil tiduran

Jika sahabat sedang membaca, hindarilah membaca sambil tiduran, meskipun enak dan santai, namun kebiasaan ini bisa merusak mata anda.

Melakukan olahraga mata

Tidak hanya tubuh lho yang harus melakukan olahraga, tetapi mata juga butuh olahraga. Paling tidak seminggu sekali olahraga mata ini sahabat lakukan atau sebulan sekali. Seperti apa, berikut ini caranya:

  • Kompres mata dengan air hangat

Caranya: cukup gunakan kain atau handuk halus dan basahi handuk dengan air hangat-hangat kuku lalu tempelkan pada kedua mata anda, lakukan selama -+ 5 menit. Agar hasil maksimal lakukan cara tersebut 3 kali atau lebih.

  • Memutar bola mata

Caranya: mata memandang keatas, lalu putar searah jarum jam atau berlawanan jarum jam, dan lakukan perlahan sebanyak 5 kali.

  • Pijat kedua pelipis mata dengan ibu jari

Caranya: cukup dengan gerakan memutar searah sebanyak 10 kali atau lebih dan berlawanan sebanyak 10 kali atau lebih.

  • Coba fokus pada jarak pandang

Peganglah suatu benda, seperti sebuah kelereng, lalu fokuskan perhatian pada kelereng tersebut. Perlahan dekatkan kelereng tersebut hingga 10 cm dari mata, lakukan sebanyak 10 kali atau lebih.

Jangan sering mengucek mata

Jika mata terasa gatal, sebelum mengucek mata, pastikan tangan dalam keadaan steril dan bersih dari kuman, kotoran dan debu. Keseringan mengucek mata akan mengakibatkan mata iritasi, merah, berair dan tentu mengurangi kesehatan mata anda.

Istirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup, maka mata akan segar kembali. Tidur 8 jam tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh saja, namun mata juga beristirahat. Jika setiap hari mata selalu di depan computer, menatap layar monitor, membaca dan lain-lain, dapat menyebabkan mata lelah. Untuk menjaga kesehatan mata, maka lakukanlah istirahat yang cukup demi mata agar selalu berfungsi dengan baik.

Kurangi pemakaian tetes mata secara berlebih

Tetes mata jika dilakukan terlalu sering atau berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Maka, gunakanlah sesekali saat kamu benar-benar membutuhkannya.

Menjaga jarak pandang mata

Misalnya saat sedang menonton televisi, saat membaca buku, saat menatap layar monitor, gunakan jarak yang semestinya, jangan terlalu dekat karena akan mengakibatkan mata cepat rabun.

Lakukan pemeriksaan mata

Melakukan pemeriksaan mata dianjurkan secara rutin agar sahabat terhindar dari berbagai penyakit mata, dan dapat dideteksi sejak dini.

Gunakan pelindung mata

Saat berhadapan dengan bahan kimia atau benda-benda keras dan berbahaya, gunakanlah kacamata sebagai pelindung mata.

Kurangi pemakaian softlens

Jangan gunakan softlens terlalu sering dan memakainya dalam waktu yang lama. Jika tidak terlalu penting, jangan gunakan softlens. Ada baiknya jika softlens digunakan saat-saat penting seperti saat wisuda, acara pernikahan, atau acara-acara penting yang jika menggunakan kaca mata akan mengganggu riasan mata.

Mengompres mata dengan menggunakan timun

Saat mata anda mulai lelah karena bekerja atau seharian diluar rumah, ada baiknya untuk meluangkan sedikit waktunya untuk mengiris timun segar lalu ditempelkan. Lakukan ebanyak 3 kali atau lebih.

Menghindari duduk terlalu lama di depan komputer

Demi menjaga kesehatan mata anda, janganlah terlalu lama berhadapan dengan computer. Jangan paksakan mata jika sudah lelah. Karena cahaya dari computer dapat merusak mata anda.

Jangan terlalu lama memainkan handphone atau gadget sebelum tidur

Biasanya para remaja sering menggunakan gedget, baik untuk sekedar chattingan, games, atau searching terlalu lama dan keadaan ruang tidur yang gelap akan berakibat buruk bagi mata. Karena cahaya dari layar handphone atau smartphone memiliki radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan di rumah. Semoga pembahasan tentang 14 Tips Menjaga Kesehatan Mata Dan Penjelasannya, dapat memberikan manfaat bagi sahabat setia catatanmuslimah.com. Sekian terimakasih 🙂