12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas

Posted on

12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas – Sudah saatnya kita belajar tentang sebuah paradigma dan implikasinya yang dapat membuka pengetahuan baru dan menambah kecerdasan serta mampu melakukan perubahan. Cerdas berarti orang yang mampu memanfaatkan secara optimal dan menyeluruh antara kemampuan otak kanan dan otak kiri. Cerdas itu sangat luar biasa jika kita terus mengasahnya. Orang yang pandai atau orang yang pintar belum tentu cerdas.

Orang yang pandai itu biasanya orang yang bisa memanfaatkan otak kirinya secara maksimal dan biasanya di dunia pendidikan mereka mampu mendapatkan nilai yang bagus seperti IP atau IPK yang tinggi, Ranking satu, dua atau tiga, selalu berprestasi. Sedangkan orang pintar ialah orang yang mampu memanfaatkan otak kanannya secara maksimal.

12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas
12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas

Mereka biasanya memiliki sikap kreatif, inovatif, imajinatif dan variatif. Alangkah lebih baiknya jika kedua otak tersebut berjalan secara balance atau seimbang. Pada kesempatan ini catatanmuslimah.com akan berbagi tips ampuh untuk membuat otak Anda lebih cerdas. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tips-tipsnya berikut ini.

Tips Dan Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas

Inilah 12 tips yang bisa dilakukan untuk membuat otak kita lebih cerdas.

  • Melatih kemampuan dalam mengamati

Perhatikan apapun yang ada disekitar Anda. Rekamlah apa yang Anda lihat, mulailah dari hal yang paling sederhana dan teruskan denga penelitian yangg lebih rumit. Orang yang selalu atau rajin mengamati sangat baik dan bagus untuk mengasah otaknya agar lebih kuat ingatannya, dan lebih tajam otaknya. Ada sebagian orang yang jika ditanya tentang apa yang dia lihat, ia menjawab “saya ga tau, ga merhatiin, saya ga pikir, saya melihat tapi saya ga tau“. Hmmm, kurang cermat nih kalo seperti ini,biasanya dengan berbagai alasan kecuali memang benar-benar sibuk. Untuk itu, biasakanlah untuk terus belajar mengamati lingkungan sekitar Anda.

  • Mengasah indra

Bisa juga dilatih dengan cara membedakan rasa bebauan yang disukai dan tidak disukai atau rasa panas dan dinginnya udara disekitar Anda, dan lain sebagainya.

  • Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya

Biasanya saat masih muda, nomor telepon banyak yang hafal, namun setelah dewasa mulai sedikit lupa atau bahkan lupa. Cobalah untuk membiasakan menghafal nomor telepon diri sendiri, orang tua, adik kakak, atau teman-teman. Jangan hanya ingat pada satu nomor saja. Usahakan untuk menghafal banyak nomor.

  • Pelajari sesuatu yang baru

Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal baru yang mungkin diluar bidang Anda, seperti bahasa asing, teknologi, dunia peternakan, dunia bisnis, atau lainnya diluar bidang yang kita mampu.

  • Gunakan tangan agar mengikuti petunjuk otak

Seperti mengetik tanpa melihat tombol, mengerjakan prakarya dari kayu, memetik gitar tanpa melihat dam lain sebagainya.

  • Tekuni hobi

Kembangkan hobi Anda dan ditekuni dengan baik.

  • Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting 

Hafalkan tanggal-tanggal penting yang menyangkut anggota keluarga, sahabat, teman atau perayaan – perayaan tertentu. Orang banyak yang melupakan hal – hal sepele seperti ini, padahal ini salah satu tips agar otak tetap diasah dan terus dilatih.

  • Hafalkan sesuatu yang anda sukai

Apa yang Anda sukai hafalkan, semisal Anda suka dengan lagu, hafalkan liriknya, Anda suka membaca Al-Qur’an hafalkan ayat-ayat penting atau lebih bagus lagi menjadi hafidz dan lain sebagainya.

  • Latihan menghafal urutan angka berderet panjang

Ini merupakan salah satu bentuk latihan untuk memperbaiki daya ingat dalam jangka pendek. Lakukan dengan cara mengelompokkan atau memecah bilangan seperti contoh 35243891537852842 di pecah menjadi dua kelompok 35243 kemudian 891537 dan yang terakhir 852842.

  • Ingat perjalanan pribadi

Apa yang sedang Anda lakukan empat hari yang lalu pukul 12.00, bersama siapa saat itu, sedang melakukan apa, dimana dan seterusnya.

  • Ingat dan teliti uang belanja atau pengeluaran harian

Biasanya ibu-ibu rumah tangga sering melakukan cara ini, mengingat untuk apa saja uang dibelanjakan hari ini, kemudian dituliskan dalam buku. Kapan mengambil uang di ATM dan habis digunakan untuk apa saja dan seterusnya.

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Banyak makanan yang dapat meningkatkan ketajaman otak. Otak yang cerdas dapat berpikir cepat tanggap dan tepat sasaran. Otak juga membutuhkan nutrisi yang ada pada makanan seperti telur, omega pada ikan, daging dan bayam yang memiliki vitamin B kompleks yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak secara maksimal.

Nah itulah beberapa tips mudah agar otak lebih cerdas, jangan menyepelekan hal-hal yang dianggap sepele dan jangan meremehkan sesuatu yang kecil. Cobalah ikuti dan praktekkan oleh anda dan semoga berhasil.

Demikian ulasan mengenai 12 Cara Ampuh Membuat Otak Lebih Cerdas, semoga bermanfaat dan sekian terimakasih