10 Makanan Untuk Memperlancar ASI Pasca Melahirkan

Posted on

10 Makanan Untuk Memperlancar ASI Pasca Melahirkan – Tidak semua ibu pasca melahirkan memiliki cukup banyak ASI. Pasti sangat khawatir jika ASI tidak keluar atau keluar hanya sedikit, sehingga tidak memenuhi kebutuhan bayi. Biasanya dengan mengkonsumsi sayuran yang sudah tidak asing lagi ditelinga ialah daun katuk untuk memperlancar ASI dan sangat baik untuk di makan oleh ibu menyusui. Tapi ternyata masih banyak lagi jenis makanan lain atau buah dan sayur yang bisa dimanfaatkan untuk ibu menyusui. Apa saja diantaranya, yuk simak ulasannya berikut ini.

10 Makanan Untuk Memperlancar Asi Pasca Melahirkan
10 Makanan Untuk Memperlancar Asi Pasca Melahirkan

Makanan Untuk Memperlancar ASI

Sayur dan buah atau beberapa makanan dan minuman yang sangat bermanfaat dalam menambah dan memperlancar Asi bagi ibu menyusui. Diantaranya yaitu:

  • Daun katuk

Biasanya daun katuk ini di masak seperti sayur bening atau dicampur dengan sayuran lain. Kandungan Vitamin A , vitamin B1, protein, fosfor, zat besi dan kalium terdapat dalam sayuran ini. Sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin bagi ibu menyusui.

  • Bayam

Semua sayuran hijau memang sangat baik untuk dikonsumsi, begitu juga dengan bayam, baik itu bayam hijau maupun bayam merah. Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, asam folat, protein, zat besi, protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, yang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi melalui Asi.

  • Labu siam

Tak kalah dengan sayuran hijau, labu siam pun memiliki kandungan asam folat, zat besi, vitamin B6 dan kalium. Asam folat sangat dibutuhkan oleh bayi dan ibu hamil ataupun sedang menyusui karena manfaatnya dalam pembentukan sel dan perkembangan jaringan tubuh. Bisa di konsumsi sekaligus dengan sayur daun katuk, agar lebih mudah dan kaya khasiatnya.

  • Wortel

Wortel sangat terkenal akan vitaminnya yang bermanfaat dalam melindungi sistem imun dan meningkatkan kekebalan pada tubuh serta ketahanan tubuh terhadap infeksi. Wortel merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalium, asam folat, kalsium, fosfor, seng dan magnesium.

  • Ubi jalar

Umbi-umbian sangat membantu bai ibu menyusui agar kualitas Asi yang diberikan akan sangat baik dan dapat memperbanyak Asi. Ubi jalar mengandung karatenoid dan zat besi yang dapat menunjang dan menambah produksi asi bagi ibu menyusui.

  • Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat & kalium. Juga mengandung senyawa yang bisa membuat rileks untuk para ibu menyusui. Kandungan kalium yang ada dalam buah ini akan menambah energi bagi ibu menyusui dan dapat memengaruhi suasana hati atau mood yang baik. Pepaya memiliki enzim & fitokimia yang dapat memperbaiki jaringan pada payudara serta dapat memperlancar Asi.

  • Beras merah

Beras merah ini kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat memicu untuk meningkatkan prolaktin bagi ibu menyusui dan membantu meningkatkan energi bagi ibu menyusui.

  • Kacang hijau

Mengandung vitamin B1, protein, asam folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Kandungan vitaminnya dapat menambah energi bagi ibu menyusui dan sangat baik untuk perkembangan bayi.

  • Asparagus

Mengandung serat yang cukup tinggi juga mengandung asam amino esensial yang dapat memperlancar Asi.

  • Air Putih

Air putih ini juga tak kalah pentingnya untuk meningkatkan produksi ASI. Cairan dalam tubuh semasa menyusui akan lebih cepat habis. Sehingga diperlukan air putih yang banyak dan pastikan untuk selalu meminum air putih segelas sebelum menyusui bayi.

Nah itulah beberapa makanan yang dapat melancarkan ASI. Sangat tepat untuk di lakukan di rumah khususnya buat bunda-bunda yang memiliki ASI sedikit.

Semoga artikel tentang 10 Makanan Untuk Memperlancar ASI Pasca Melahirkan, dapat memberikan manfaat dan sekian terimakasih 🙂